Friday, December 21, 2012

SHALAWAT PASTI SAMPAI PADA NABI


Orang yang membca shalawat kepada Nabi Muhammad saw, shalawatnya langsung diterima oleh beliau.karena itu,beiau mengetahui siapa orang yang membaca shalawat kepadanya.
                Dengan demikian, semakin sering orang membaca shalawat maka semakin dikenal dirinya oleh beliau. Sebaliknya orang yang tidak mau membaca shalawat,maka beliau pun tidak mengenal dirinya. Meskipun dia mengaku umat Muhammad, tapi umat dalam artian yang bersifat umum,bukan mengenal secara pribadi Nabinya. Nah, shalawat inilah sebagai sarana untuk mengenal beliau secara pribadi. Demikian pula, beliau bisa mengenal dirinya,karena shalawat yang dibacanya langsung beliau terima.
                Ibnu Hisyam berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda : “Perbanyaklah kalian membaca shalawat untukku pada malam yang terang dan hari yang cerah,karena kedua-duanya menyampaikan shalawat kalian. Dan sesungguhnya bumi itu tidak akan memakan jasad Nabi. Tidak ada seorang muslim pun yang membaca shalawat untukku,kecuali ada soaring malaikat yang membawakan shalawatnya itu sehingga disampaikannya kepadaku dan dia sebutkan namanya,sampai malaikat itu berkata : “Bahwa si Fulan berkata begini dan begini”.₁(Durratun Nashihin hal : 214)
                Rasulullah saw bersabda : “Perbanyaklah kalian membaca shalawat pada malam yang terang dan hari yang cerah, karena sesunguhnya shalawat kalian disampaikan  kepadaku”.₂(Al-Jami’ul Ash-Shaghir hal : 49)
                Abu Darda meriwayatkan, Rasulullah telah bersabda : “Perbanyaklah membaca shalawat untukku pada hari Jum’ah,karena hari Jum’ah itu adalah hari yang disaksikan para malaikat. Dan tidak seorang pun yang bershalawat untukku kecuali shalawatnya dibawa kehadapanku,sehingga dia usai dari shalawatnya”.₃(Al-Jami’ul Ash-Shaghir hal : 49)
                Ibnu Umar ra meriwatyatkan, bahwa Rasulullah saw bersabda : “Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepada Nabi kalian setiap hari Jum’ah,karena sesungguhnya aku menyaksikannya darimu pada setiap hari Jum’ah”.₄(DurratunNashihin hal : 140)
                Rasulullah saw bersabda : “Perbanyaklah kalian shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’ah, sesungguhnya shalawat umatku diserahkan kepadaku setiap hari Jum’ah. Barangsiapa yang banyak membaca shalawat,maka tempatnya (di surga ) dekat dengan aku”.₅(Al-Jami’u Ash-Shaghir hal : 49)
                Menurut riwayat yang lain, beliau bersabda : “Karena tidak seorang pun yang bershalawat padaku,melainkan shalawatnya disampaikan kepadaku,ketika ia selesai mengucapkannya”.₆(Durratun Nashihin hal : 140)
                Abu Hurairah meriwatyatkan dari Amar bin Yasir, bahwa Rasululah saw pernah bersabda : “Sesungguhnya Allah telah menciptakn seorang malaikat yang mampu menangkap suara seluruh perkataan makhluq. Ia berdiri tegak diatas makamku sampai hari kiyamat. Maka tiada satupun dari umatku yang membaca shalawat kepadaku,kecuali ia sebut nama orang tadi dan ayahnya dihadapanku, seraya berkata : “Wahai Muhammad,Fulan bin Fulan telah membaca shalawat kepadamu”.₇(Durratun Nashihin hal : 129)
                 Aus bin Aus berkata : Rasulullah saw telah bersabda : “Sebaik-baik hari adalah hari Jum’ah,maka perbanyaklah mebaca shalawat di hari itu,karena bacaan shalawatmu itu dihidangkan kepadaku”. Shahabat lantas bertanya : “Bagaimanakah dihidangkan shalawat kami sedang engkau telah menjadi tanah bubuk ?”. Beliau menjawab : “Sesungguhnya Allah mengharamkan atas bumi memakan jasad para Nabi”.₈(Riyadlush Shalihin hal : 534)
                Rasulullah saw bersabda : “Jangan kalian jadikan keburku sebagai tempat perayaan, dan bacakan shalawat untukku,maka bacaan shalawat itu akan sampai kepadaku dimana saja kamu berada”.₉(Riyadlush Shalihin hal : 534)
                Dari sekian banyak keterangan hadits diatas dapat disimpulkan kalau setiap shalawat yang dibaca oleh seseorang dari umat Muhammad saw ini,pasti shalawat tersebut diserahkan langsung kepada beliau. Dengan begitu beliau tahu dan mengenal siapa orang yang membaca shalawat terhadap diri beliau.

0 comments:

Post a Comment