Friday, December 21, 2012

SHALAWAT MENJADI SEBAB DIAMPUNINYA DOSA


Mungkin hanya shalawat yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bacaan dzikir yang
lain,selain orang yang membacanya mendapatkan syafa’at,juga dosa-dosanya diampuni oleh Allah.Inilah keuntungan ganda yang diperoleh bagi orang yang suka membaca shalawat pada Nabinya.
                Ada kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang yang ingin mengetahui keistimewaan shalawat yang bisa menghapus dosa.
                Hasan Basri meriwayatkan : Aku pernah bermimpi melihat Abu Ishmah,akuk lantas bertanya kepadanya :”Hai Abu Ishmah ,apa yang telah diperbuat Allah kepadamu ?”.
                Dia menjawab : “Allah telah mengampuni aku”.
                Hasan Basri lantas bertanya : “Dengan amalan apa ?”.
                Jawabnya : “Tidak ada satu hadits pun yang aku sebutkan,melainkan aku ucapkan shalawat untuk Nabi saw”.₁(Durratun Nashihin.hal : 165)
                Dengan mengucapkan shalawat sebelum mengucapkan suatu hadits menyebabkan Abu Ishmah diampuni dosa-dosanya oleh Allah.
                Dalam keterangan hadits yang lain,bahwa setiap shalawat yang dibaca oleh seorang hamba maka si hamba tersebut dimohonkan ampunan oleh ribuan malaikat.
                Abdurrahman bin Auf meriwatyatkan, bahwa Rasulullah teah bersabda : “Jibril telah dating kepadaku,seraya berkata : “Ya Muhammad,tidak ada seorang pun yang membaca shalawat untukmu,melainkan dimohonkan ampun oleh 70.000 malaikat. Barang siapa didoakan oleh para malaikat,maka dia tergolong penghuni surge”.₂(Durratun Nashihin. hal : 165 )
                Rasulullah bersabda : “Shalawat kepadaku akan menjadi nur(cahaya) ketika melintasi shirath. Barangsiapa membaca shalawat kepadaku pada hari jum’ah 80 kali,maka diampuni dosa-dosanya selama 80 tahun”.₃(Al-Jami’u Ash-Shaghir hal : 191)
                Ada seoarang lelaki dari penduduk syiraz dalam tidurnya mimpi bertemu Ahmadbin Manshur yang sudah meninggal,ia mengenakan perhiasan,kepalanya bermahkota yang penuh dengan taburan permata. Lelaki itu lantas bertanya : “Apa yang dilakukan Allah untuk membalas amal-mu?”.
                Ahmad bin Manshur menjawab : “Allah telah mengampuni dosaku,memuliakan aku,member mahkota padaku dan memasukan aku ke surga”.
Lelaki itu bertanya lagi : “Amalan apa yang bisa menyebabkan kamu memperoleh derajat yang mulia ini ?”
Ahmad bin Manshur menjawab : “Lantaran aku sering membaca shalawat pada Nabi saw”.₄(Irsyadul Ibad hal : 63)
                 Abu Kahil meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw pernah bersabda : “Wahai Abu Kahil,barangsiapa bershalawat untuk-ku tiga kali sehari, dan tiga kali semalam , karena cinta dan rindu kepadaku, maka pastilah Allah mengampuni dosa-dosa-nya pada hari itu dan dosa-dosanya pada malam itu”.₅(Durratun Nashihin hal : 240)
                Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa membaca shalawat untukku 80 kali pada hari Jum’ah,maka dosa-dosanya diampuni selama 80 tahun”.₆(Durratun Nashihin hal : 243)
                Abu Bakar Ash-Shiddiq berkata : “bershalawatlah kepada Nabi saw itu lebih mampu menghapuskan dosa-dosa dari pada air yang sejuk terhadap api. Mengucapkan salam kepadanya itu lebih utama dari pada memerdekakan budak”.₇(Durratun Nashihin hal : 143)
                Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa membaca shalawat pada ku 100 kali pada setiap hari Jum’ah, maka Allah mengampuni dosa-dosanya,sekalipun dosanya itu sebanyak buih lautan”.₈(Durratun Nashihin hal : 9)
                Rasulullah saw bersabda : “barangsiapa membaca shalawat kepadaku satu kali, maka dia dibersihkan dari dosanya,sedikit pun tiada tersisa,sekalipun hanya sebesar atom(atau biji-bijian)”.₉(Durratun Nashihin hal : 70)
                Dengan dihapusnya dosa-dosa orang yang membaca shalawat,maka dengan sendirinya ia akan masuk surge dengan mudah,karena seluruh dosanya sudah dampuni oeh Allah berkat bacaan shalawatnya kepada Nabi Muhammad saw.

0 comments:

Post a Comment