Friday, December 21, 2012

SHOLAWAT MENDATANGKAN SYAFA’AT


Syafa’at Nabi Muhammad saw. Merupakan sesuatu yang sangat diimpikan oleh setiap Muslim,dimanapun ia berada.sebab setiap kaum muslimin tidak akan bisa mengandalkan amaliyahnya semata dalam menghadapi dahsyatnya hari kiyamat,pertanyaan kubur dan peristiwa* hebat yang terjadi di alam akhirat tanpa ada pertolongan atau syafa’at dari Nabi Muhammad saw.
            Mengingat begitu pentinganya syafa’at,maka mencari syafa’at Nabi merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap muslim,jika dirinya ingin selamat dalam mempertanggung jawabkan amaliyahnya dihadapan ALLAH nanti.
            Adapun cara yang paling efektif untuk memperoleh syafa’at Nabi Muhammad saw. Adalah dengan membaca sholawat kepada beliau. Dengan perantara shalawat inilah,insya Allah seseorang bisa selamat dari berbagai fitnahan di dunia maupun akherat,sehingga bisa memasuki surge dengan mudah,tanpa banyak menghadapi rintangan dan marabahaya.
            Zaid bin Habab meriwayatkan, Rasulullah saw bersabda : “barang siapa membaca shalawat kepadaku,maka dirinya wajib memperoleh syafa’atku.” (Durratun Nashihin.hal :26)
            Aisyah ra berkata :” Barang siapa mencintai Allah,pasti banyaknya menyebutNya(dengan banyak berdzikir kepada-Nya),buahnya ia diingat pula oleh Allah dengan pemberian rahmat dan ampunanNya,ia dimasu kan surge bersama para Nabi dan WaliNya,serta dimulikan dengan memandang keindahan DzatNya.Barang siapa mencintai Nabi saw,maka pasti banyak membaca shalawat kepadanya.Buahnya ia akan memperoleh syafa’at dan mendekatinya di surga”. Maksudnya menjadi kawan dekat Rasulullah saw di surganya.(Durratun Nashihin.hal : 50.51)
            Rasulullah saw bersabda :”Barang siapa membaca shalawat Maka baginya wajib memperoleh syafa’atku di hari kiyamat”.(Durratun Nashihin.hal : 65)
“Allahhumma sholli ala muhammadin wa anzilhul’manzi lal muqorroba indaka yaumal’qiyamah”
Ya Allah,tetapkanlah rahmat atas nabi Muhammad saw dan tempatkanlah beliau pada kedudukan terdekat disisiMu kelak di hari kiyamat.
            Rasulullah saw bersabda :”perbanyaklah membaca shalawat kepadaku,sebab shalawat kalian menjadi ampunan bagi dosa-dosa kalian, dan tuntutlah wasilah bagiku serta tingginya derajat, sebab wasilahku merupakan syafa’at bagi kalian di hadapan Tuhanku”.(Al-Jami’u Ash-Shaghir. hal:49)
            Maka bisa dikatakan takabbur atau sombong orang yang menyepelekan shalawat, yang hanya mengandalkan amal ibadahnya ia yakin bisa masuk surga. Menyepelekan shalawat berarti merendahkan dan menghinakan Nabinya. Menghinakan Nabi Allah berarti tidak beriman kepadaNya. Dengan demikian,bukan surga yang ia dapat justru neraka menjadi tempat  tinggalnya di akherat.
            Karena itu,hendaknya jangan sekali-kali menyepelakan shalwat,sebab efeknya besar sekali,terutama terhadap keselamatan aqidah,tingkah laku dan perkataan bisa-bisa tidak terkontrol ,sehingga tanpa disadari bisa menjerumuskan diri pada kefasikan dan kekufuran. Na’udzubillah Min Dzalik.

0 comments:

Post a Comment